Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Resep Ramen Keju Pedas dengan Rasa Ala Restoran Mahal

Judithya PitanaJudithya Pitana
Resep Ramen Keju Pedas dengan Rasa Ala Restoran Mahal1
thesmartlocal
Ramen adalah sebuah hidangan khas Jepang yang cukup populer bagi penikmat kuliner di Indonesia. Biasanya, ramen disajikan dalam kaldu pekat sehingga memiliki cita rasa yang begitu lezat. Pada penyajiannya, orang-orang menambahkan penyedap berupa beraneka ragam lauk seperti: chasiu, menma, telur rebus, sayuran hijau (seperti bayam), irisan daun bawang, nori, atau narutomaki sebagai hiasan. Telur rebus untuk ramen biasanya berwarna cokelat karena direbus di dalam kuah bekas rebusan chasiu. Sayuran sekaligus penyedap yang paling umum untuk ramen adalah irisan daun bawang. Namun demikian, ternyata ada juga menu ramen khas Korea yang juga memiliki kuah kental dengan rasa yang pedas. Mie ramen Korea asli biasanya disajikan dengan aneka sayuran seperti kimchi dan beragam daging. Tak jarang kamu pun bisa menemukan mie ramen instan dengan bermacam-macam rasa layaknya mie instan yang dijual di Indonesia. Seiring dengan popularitas ramen di Indonesia, muncul varian rasa baru yang cukup unik yaitu ramen keju pedas. Meskipun ada dijual dalam bentuk instan, kamu tetap bisa kok mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Resep berikut ini akan memudahkan kamu dalam membuat ramen layaknya di restoran mahal. Bahan-bahan yang digunakan ada di sekitar kamu kok tak perlu repot-repot impor dari Korea!
Bahan Bumbu Ramen Keju Pedas: 250 gr mie ramen atau mie telur bentuk kecil, rebus hingga matang lalu tiriskan, 600ml kaldu ayam, 100 gr daging ayam cincang, 2 siung bawang putih, cincang halus, ½ sdt cabai bubuk, 1 sdm minyak sayur, 1 sdm kecap asin, 1 bh bawang bombay (iris menyerong), 50 gr paprika merah, garam dan merica bubuk secukupnya, 50 gr keju parut, 1 sdt tepung tapioka (larutkan dengan 2 sdm air matang).
Bahan Pelengkap Mie Ramen: Sawi, tauge, irisan daun bawang, bawang goreng, telur rebus, perasan air jeruk nipis, saus sambal.
Cara Membuat 1. Panaskan minyak, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu. Tambahkan daging ayam cincang, aduk hingga rata.
2. Setelah daging matang atau berubah warna, tambahkan kaldu ayam, kecap asin, cabai bubuk, garam dan merica. Biarkan hingga mendididih.
3. Selanjutnya, masukkan paprika aduk-aduk hingga layu. Tuang larutan tepung tapioka dan aduk sampai kuah mengental.
4. Setelah itu masukkan mie ramen dan parutan keju, aduk hingga merata. Angkat lalu sajikan. Tambahkan bahan pelengkap, seperti sawi dan tauge yang sudah direbus terlebih dulu, telur rebus yang dipotong menjadi dua bagian, irisan daun bawang, taburan bawang goreng, dan perasan air jeruk nipis.
5. Berikan saus sambal selagi ramen keju pedas dalam kondisi panas.
Resep ramen keju pedas tadi tentu layak untuk dicoba. Kalau level pedasnya masih belum cukup memuaskan, kamu bisa menambahkan Gochujang atau yang sering disebut dengan pasta cabai khas Korea. Atau kamu bisa menambahkan irisan cabai rawit di dalam mangkuk ramenmu. Jangan lupa menyiapkan segelas air putih juga, siapa tahu kamu kepedasan. Tunggu apalagi? Ayo bikin ramen sendiri di rumah, selain lebih hemat kamu juga bisa menjamin kehalalan hidangan ini. Biar makin seru ajak teman-teman, pasangan, atau saudara kamu untuk membuat ramen keju pedas bersama-sama. Selamat mencoba! (Penulis.id)