Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

Beginilah Cara Memasak Ayam Goreng Ala Chef Hotel Bintang 5

Judithya PitanaJudithya Pitana
Beginilah Cara Memasak Ayam Goreng Ala Chef Hotel Bintang 51
Sambal Karmila
Siapa sih yang tak suka ayam goreng? Makanan ini seolah menjadi lauk favorit untuk sejuta umat. Walaupun namanya ayam goreng, tapi pengolahannya juga ada bermacam-macam. Variasi bumbu dan metode yang ada menghasilkan ayam goreng dengan berbagai cita rasa. Mungkin sebagian dari kita pernah memasak ayam goreng tapi hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, tidak sesuai dengan yang sering kita lihat di televisi. Yuk, coba cara memasak ayam goreng ala chef hotel bintang 5 berikut ini.
Bahan yang perlu disiapkan: 2 potong ayam, 1 butir telur, 3 cup susu, 1 cup tepung terigu, 3 cup remah roti halus, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh bubuk bawang putih, ½ sendok teh bubuk bawang merah, 1 sendok teh paprika bubuk, 4 sendok teh lada hitam, dan minyak goreng secukupnya.
1. Potong ayam menjadi beberapa bagian dengan ukuran sesuai selera. Cuci bersih lalu goreng hingga setengah matang. Diamkan
2. Campurkan telur dan susu ke dalam mangkuk. Pada umumnya, cara memasak ayam goreng untuk proses ini digunakan putih telur. Namun karena putih telur bisa membuat ayam goreng lebih keras, maka susu adalah pilihan yang lebih lembut untuk dicoba. 
3. Di mangkuk lain, buat adonan yang terdiri dari tepung terigu, remah roti, lada hitam, bubuk bawang putih dan bawang merah, garam, dan paprika bubuk. Aduk hingga semuanya tercampur rata.
4. Balurkan ayam pada adonan tepung tersebut sampai semua bagian tertutupi. Lalu celupkan ke dalam telur yang sudah dicampur dengan susu. pastikan semua bagian tercelup. Agar kamu lebih mudah menggunakannya, gunakan penjepit jangan memakai tangan.
5. Balurkan lagi ayam yang sudah dicelup telur ke dalam adonan tepung. Hal ini akan membuat lapisan ayam goreng semakin tebal karena pada saat digoreng, lapisan tepung akan berkurang sehingga untuk membuatnya tetap melekat pada daging ayam, kamu harus memberinya dua lapis.
6. Panaskan minyak di atas api sedang. Jika sudah panas, masukkan ayam yang sudah dibalur tepung. Pastikan agar semua bagian ayam tercelup minyak goreng. Penting juga untuk memastikan bahwa minyaknya benar-benar panas, karena kalau tidak, akan membuat ayamnya kurang renyah. 
7. Untuk memastikan apakah minyaknya sudah panas, sebelum memasukkan ayam goreng cobalah percikkan sedikit air ke minyak goreng. Jika muncul cipratan-cipratan kecil itu artinya minyak sudah siap untuk digunakan.
8. Goreng ayam hingga berwarna kuning kecokelatan. Ingat, tetap gunakan api sedang karena jika apinya terlalu besar, akan membuat ayam kamu gosong tetapi masih mentah di dalam. Jangan juga terlalu kecil karena akan butuh waktu lebih lama untuk membuatnya matang.
9. Angkat ayam dan tiriskan. Agar minyaknya tidak kemana-mana, letakkan di atas tisu dapur, jika sudah dingin dan minyaknya sudah terserap, pindahkan ke piring saji.
10. Buat salad sederhana yang terdiri dari kubis, wortel, dan mayones. Kalau kamu kurang suka salad, bisa diganti dengan lalapan seperti mentimun, kacang panjang, dan kemangi yang juga tak kalah sehat. Ayam goreng ala chef hotel bintang 5 siap disajikan ayam dengan nasi dan salad. (Penulis.id)