Qraved
Open in the Qraved app
OPEN
No. 1 Food App for Indonesia
Follow us
Log in to Qraved to connect with people who love food.

Follow Us

For fresh content everyday

Dining out? You can ask us for recommendations!

Click to chat+6221 292 23070Operational Hours: 11AM-2PM
Download The App

17 Kuliner di Makassar yang Membuatmu Makin "Berlemak"

anindya bierleeanindya bierlee
17 Kuliner di Makassar yang Membuatmu Makin "Berlemak"1
@eatineraryid
Kamu yang ngaku penikmat kuliner wajib banget datang ke Makassar. Dijamin seleramu terpuaskan dengan makanan-makanannya yang memang nendang banget di lidah. Mau tahu spot kuliner mana yang mesti kamu datangi di Makassar? Berikut ini rekomendasinya. 
2
Photo Source:  @eatineraryid
Nah, ini siomay dan bakpao yang bikin dosa besar di dunia! Siomay babinya ampun deh bikin melayang ke angkasa. Kalian juga harus makan bakpaonya yg nggak kalah dahsyat!  
3
Photo Source:  @eatineraryid
Belum ke Makassar kalau belum makan Sop Saudara. Ada beberapa cabangm tapi memang paling enak kalo makan di pusatnya. Dalam satu hari, mereka bisa menjual ribuan mangkok loh. Tempat ini selalu ramai didatangi pengunjung dari siang sampai malam. 

Kios Cheng

4
Photo Source:  @eatineraryid
Sebagai destinasi pertama, kalian mesti mampir dulu ke gerai Chinese food yang khas banget dengan cita rasa Makassar. Beraneka macam masakan Chinese foodnya sudah terkenal enak banget! Alamat: l. Sulawesi No.42, Pattunuang, Wajo. 

Bakmi Pangsit Palu

5
Photo Source:  @eatineraryid
Sarapan ala perut karet! Bakmi legendaris Makassar ini bakalan memuaskan perut kamu. Kalau lagi ramai-ramai, pesan porsi jumbo yang bisa buat 3-4 orang. Rasanya….. Duh bikin geleng kepala banget! Alamat: Jl. Sangir No. 31, Melayu Baru. 

Cafe Mama

6
Photo Source:  @eatineraryid
Beraneka macam kue buatan rumah enak banget deh, setiap macam jenis kuenya bener-bener freshly made everyday. Paling dahsyat itu es cendolnya, gula merahnya mereka buat sendiri pakai gula asli Makassar dan es nya pun beda banget! Super banget deh. Alamat: Jl. Serui no. 19. 

Telaga Barombong

7
Photo Source:  @eatineraryid
Ini dia tempat yang asyik buat nongkrong sama temen dan keluarga. Sebelum makan kalian boleh mancing ikan dulu dan abis itu langsung dimasakin. Kalau soal ikan nggak usah khawatir karena pasti semuanya segar banget di Makassar.  Alamat: Jl. A. Mappakainga No.58, Barombong, Tamalate. 

Bakso Ati Raja

8
Photo Source:  @eatineraryid
Buat kamu yang suka bakso, silahkan mampir ke sini! Tempatnya besar dan nyaman banget buat group besar datang rame-rame. Baksonya enak banget tempat ini hanya menyediakan makanan halal, jadi kalian nggak usah khawatir. Alamat: Jl. Gn. Merapi No.170, Pisang Sel. 

Raja Durian Sungai Saddang

9
Photo Source:  @eatineraryid
Pencinta durian inilah surga bagi kalian semua, durian piihan khas Makassar. Boleh dipilih dan cobain dulu sebelum beli. Hati-hati kolesterol. Alamat: Jl. Sungai Saddang. 

RM Irian

10
Photo Source:  @eatineraryid
Banyak yang bilang ini the best chinese food resto di Makassar. Dan menurut gue memang BENER banget! Chinese foodnya enak banget, apalagi menu andalan mereka yaitu Kodok Goreng Mentega. Rasanya super dahsyat dan gila banget. Alamat: Jl. Irian No.41a, Pattunuang, Wajo. 

Coto Makassar Nusantara

11
Photo Source:  @eatineraryid
Khas Makasar banget deh nih yang namanya Coto Makassar. Harus dateng, harus mampir,  harus makan pokoknya! Dosa besar kalo nggak makan di sini, tapi tempatnya panas banget sih kaya sauna. Make sure kalian pake baju yang santai aja dan nggak usah menggunakan make up tebal dan pakai jas ribet, karena bisa-bisa pada luntur semua. Tapi worth it banget panas-panasan karena makanannya yang enak pol. Alamat: Jalan Nusantara 22. 

RM Ayam Goreng Sulawesi

12
Photo Source:  @eatineraryid
Ini restoran satu-satunya yang jualan ayam goreng paling gokil di Makassar. Cabangnya ada beberapa. Dan bener aja, ayamnya emang enak banget!! Nggak cukup deh makan satu potong aja. Jangan lupa! Kalian juga harus nyobain sate ayamnya yang ukurannya besar banget. Empuk dan juicy banget! Harus mampir! Alamat: Jl. Sulawesi No. 285 (Samping kantor pegadaian) & Jl. Sultan hasanuddin No 17 ( perempatan Jl. Ince Nurdin no 2). 

RM Seafood Apong

13
Photo Source:  @eatineraryid
Ini dia spot seafood yang nggak boleh lupa dikunjungi kalau ke Makassar. Ikannya banyak yang nggak bisa berbahasa Indonesia loh. Maksudnya ikan-ikan di sini asli dari Makassar yang namanya aneh-aneh. Walau harganya agak mahal dibanding seafood dari resto yang lain tapi rasanya bakalan bikin lidah kamu senang! Di sini kalian bisa merasakan nikmatnya Ikan Napoleon. Walaupun sebenarnya ikan ini sudah dilarang dikonsumsi sama Ibu Susi untuk dikonsumsi, tapi kalian masih bisa mendapat olahan ikan ini saat di Makassar. Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro No.95, Melayu, Wajo. 

RM Seafood Turi

14
Photo Source:  @eatineraryid
Selanjutnya ada spot seafood yang harus kamu coba nih. Ikannya selalu fresh dan masakannya nggak perlu kamu ragukan lagi rasanya. Bumbu Parape (khas Makassar) bikin kepala kamu geleng-geleng karena rasanya memang enak banget. Bumbu dari makanan ini berasa banget dibandingkan dengan seafood yang lain. Salah satu rekomendasi menu yang mesti dicoba adalah cumi goreng mentega! Alamat: l. Amanagappa No.1, Baru. 

Pisang Epek

15
Photo Source:  @eatineraryid
Ini dia makanan camilan khas rakyat Makassar! Kalian bisa temukan banyak banget menu ini di sepanjang jalan dekat pantai Losari. Sebenernya ini pisang setengah matang yang dibakar dan di epek (tumbuk) jadi gepeng gitu, lalu ditambah 2 pilihan topping durian dan keju cokelat. Silahkan pilih yang mana menurut kalian suka. Alamat: di sekitar kawasan Pantai Losari. 

Sop Lidah Lamuru

16
Photo Source:  @eatineraryid
Sop lidah memang makanan khas Makassar. Dan berdasarkan rekomendasi dari orang Makassar sendiri, tempat ini yang paling nggak boleh kelewatan buat kalian cobain! Lidahnya empuk dan yang paling penting, nggak berbau. Selain lidah, kamu bisa nikmati isian daging dan jeroan lain, dan perkedel buatan si ibu penjual. Hati-hati naik ya berat badannya! Alamat: Jl. Lamuru No.31, Bontoala Tua, Bontoala. 

Bakso Babi Jalan Bali

17
Photo Source:  @eatineraryid
Kalau tempat kuliner satu ini saya dapatkan infonya langsung dari rekomendasi orang Makassar asli. Pas sampai tempatnya, resto baksonya nggak ada plang nama depannya. Dan ini tempatnya jadul banget!! Nggak ada TV, yang ada cuma radio tua yang disetel sama si pemilik resto. Dan sebagai info, baksonya mengandung babi. Tapi asli, enaknya nggak ketulungan. Oiya, untuk istilah bakso di Makassar, banyak orang yang menyebutnya dengan nyuknyang. Alamat: Jalan Bali. 

Kue putu cangkir

18
Photo Source:  @eatineraryid
Ini kue unik banget deh! Semacam kue putu tapi si ibu penjual membuatnya dengan pakai canting. Untuk pembuatannya sang ibu dibantu dengan anaknya. Karena sudah terkenal enak, antrean pembelinya pun nggak ada abisnya. Dan setelah cobain langsung, jelas terbukti kalau rasa kue ini memang bikin nagih. Alamat: belakang RS Wahidin Sudirohusodo, Tamalanrea.